Happy Mudik!

Tradisi mudik lebaran emang udah mendarah daging bagi masyarakat Indonesia. Termasuk keluarga saya. Bisa dibilang saya dari kecil balita tiap tahun ato minimal 2 tahun sekali pasti mudik ke kampung halaman nyokap bokap saya di jawa timur. Ke kota lumajang dan jember, termasuk kota di ujung timur pulau jawa. Dulu waktu belum punya mobil, kita mudik naik kereta. Pas punya mobil ya mudiknya selalu naik mobil.

Saya senang mudik. Walopun macet, tapi perasaan gembira. Berasa kayak rombongan konvoi akbar di jalan. Dengan kendaraan yg didominasi plat B, rasanya kyk sodaraan. Biasanya di perjalanan kita suka ngapalin mobil, jadi klo ketemu lagi mobil yg sama kita bisa bilang, “eh, ini kan mobil yg tadi,, ternyata tujuannya sama…” hehehe,, nggak penting sih, tapi senang aja jadi ada hiburan. Tapi pas sampe Semarang, biasanya jumlah kendaraan jadi makin dikit. Kebanyakan tujuannya cuma sampe jawa tengah sih, kendaraan yang lanjut terus ke jawa timur jarang. Makanya setelah lewat kota Semarang, temen kita paling tinggal bis bis. Apalagi abis ngelewatin kota Surabaya, temennya makin dikit, jadi berasa sendirian. Tapi klo udah sampe Surabaya ada perasaan lega karena rasanya udah sampe tujuan, walopun masih sekitar 4-5 jam-an lagi.

Dulu waktu jaman orde baru, perjalanan Jakarta-Lumajang ditempuh kurang lebih 24 jam pake mobil lewat jalur pantura. Sekarang?? Beuuhhh… lebiiihhh…! Makanya sekarang keluarga saya suka transit dulu di semarang buat nginep istirahat. Lanjutin lg perjalanan besok paginya. Lagian sejak kerusuhan tahun 1998, banyak tindak kejahatan yg dialamin pemudik mobil pribadi yang jalan malem apalagi pas lewatin hutan alasroban di jawa tengah. Itu juga salah satu alasan keluarga saya memutuskan untuk transit di kota terdekat klo hari udah larut malem. Walopun sekarang keamanan udah lebih terjamin dan tindak kejahatan udah makin berkurang, tetep aja keluarga saya males lanjutin perjalanan. Udah kebiasaan kali, jadi enakan istirahat dulu lah. Banyak juga kok pemudik2 mobil pribadi yang transit, jadi banyak temennya deh.. hehe.

Sekarang, jumlah kendaraan yang mudik semakin menggila. Apalagi pemudik motor. Hooh,, cukup bikin stress. Makanya keluarga saya sekarang mulai mencoba mudik pas hari H. Jadi kita berangkat abis sholat ied. Cukup efektif. Jalanan lancar nggak macet, jadi bisa santai menikmati perjalanan. Tapi ya nggak enaknya kita jadi telat kumpul2 keluarga di kampung halaman. nggak papa, ini buat alternatif aja kok.
Tips mudik dari gw:

1. Supaya nggak ribet,, koper2 ato tas2 gede berisi baju taruh di bagasi paling dalem. Tas ini nggak boleh diganggu gugat sampe nyampe ke tempat tujuan. Sisihkan aja satu tas yang emang digunakan buat transit, isinya baju ganti satu keluarga, dan alat mandi. Jadi pas transit, yg diturunin dari bagasi tas ini aja. (ini berlaku bagi yg transit kayak saya…)

2. Makanan! Klo makanan2 buat oleh2 taruh di bagasi aja, yang ditaruh di depan cuma makanan yang buat dimakan pas di perjalanan, kayak cemilan2 dan minuman. Nyokap biasanya bawa nasi ato ketupat sama rendang di rantang ato tempat bekal buat makan siang. Lumayan buat irit, biar makan siang nggak nyari restoran cukup nyari masjid dan kita bisa sholat sekalian makan! Klo mo makan di mobil jg bisa,, nyokap punya triknya,, cukup siapkan tisu yang banyak. Dan piring sendok bekas pakai bisa disulap jadi bersih lagi hanya dengan tisu! Dengan catatan, makannya harus habis ya,,, jgn disisain. Makanya, pas ngambil nasi ato ketupatnya dikit2 aja biar abis. Nti klo mo makan lg, piring bekas makan td bisa digunakan lg,, hehehe… (jorok gak sih,, nggak ah menurut saya) ^^
Oya, FYI,, pemudik itu kan sama aja kayak musafir ya, jd dibolehkan nggak puasa… ^^

3. Bawa bantal! You will need that thing…

4. Bagi2 tim. Maksudnya, bagi2 peran. Klo yang mo santai silahkan duduk di belakang. Nah, yang duduk di depan, dia harus rela jadi navigator buat si supir. Tugasnya adalah membaca peta ato rambu2 jalan, trus nemenin supir biar gak ngantuk. Jadi klo ngantuk, harap gantian sama anggota keluarga yang lain. Ini penting, demi kelancaran mudik anda…

5. Sediakan obat2an di mobil anda. Khususnya bagi yg suka mabok di perjalanan. Plus minyak angin biasanya. Ini biar nggak ribet di jalan nyari2 warung cuma buat beli obat pusing ato minyak angin.

6. Oya, hampir lupa. Tetep jaga kebersihan ya. Jangan sekali2 buang sampah ke luar jendela mobil!! Ini bisa mengganggu kendaraan di belakang. Karena bisa jadi sampah lo itu mengenai kaca mobil belakang. Who knows?? Dan juga malu donk,, masa naik mobil keren tapi penghuni mobilnya jorok? Iihh… Makanya sediakan tempat sampah di dalam mobil, ato kantong kresek khusus sampah. Nanti klo udah penuh, bisa dibuang di tempat sampah yg ada di pom bensin terdekat. Gampang kan?

So, selamat mudik ya……..

Hati-hati di jalan……….. \(^0^)/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: