Bahagia itu pilihan, sayang

Salah seorang teman baik mengeluh ke saya. Soal kerjaan yang nggak nyaman, soal pacar yang belum mapan, soal keluarganya yang trus nanyain kapan merit, soal umurnya yang udah nggak muda lagi, dan lainnya lagi. Trus di akhir ceritanya dia nanya ke saya, “kenapa ya hidup gue kayak gini, kapan gue bisa bahagia?”

 

Bahagia. Menurutmu bahagia itu apa? Bahagia klo udah punya pekerjaan enak, punya pacar mapan, tanggal pernikahan udah ditentuin, dll. Kedengarannya sih sempurna. Tapi, pernah denger lagunya Britney spears “Lucky”? she’s so lucky, she’s a star, but she cries, cries, cries, in her lonely heart thinking…”. Buktinya si lucky dalam lagu ini gak bahagia. Jadi, bahagia itu yang bagaimana?

 

Tiap orang punya perspektif bahagianya masing2. Menurut saya udah bahagia, tapi belum tentu bagi orang lain. Orang yang hidupnya tinggal di kolong jembatan pun, klo dia bahagia, kita mau apa? Jadi bahagia itu pilihan, sayang. Dalam keadaan yang paling menyedihkan sekalipun, klo kita memutuskan untuk bahagia, kita pasti bahagia. Sekarang tergantung hati untuk menyiasatinya. Klo kata orang dibawa enjoy aja. Klo kata saya, bahagia itu diciptakan sendiri. Bete sama kerjaan? Menyingkir paling nggak 10 menit ke toilet, telepon or sms org yang disayang buat paling nggak bikin kita tersenyum. Punya pacar yang belum mapan? Coba bayangin pacar kita 2 tahun ke depan, udah sukses, tampan lagi. Paling nggak ada rasa bangga nantinya klo orang sukses dan tampan itu adalah pacar kita. Umur yang nggak muda lagi? Coba aja ngaca, dandan yang cantik, paling nggak kita terhibur sama wajah kita masih lebih muda dari usianya,, hahaha. Banyak hal yang bisa diciptakan untuk jadi bahagia. Yang penting mensyukuri hidup dan apa yang kita punya.

 

Kata orangtua bilang, dalam menjalani hidup ini cuma 2 yang kita butuhkan. Klo ditimpa kemalangan kita SABAR, klo diberi kesenangan kita SYUKUR. Cuma itu aja kok.

So, selamat berbahagia…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: